Rafting Probolinggo, Tempat Wisata Petualangan Arum Jeram

Songa Adventure Probolinggo

Rafting Probolinggo atau Songa rafting merupakan wisata alam yang menyuguhkan pengalaman seru berpetualang arum jeram. Tempat wisata petualangan arum jeram ini berlokasi di Kabupaten Probolinggo atau tepatnya di desa Ranu Gendang, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur. Dari hari ke hari tempat wisata ini pun makin diminati para wisatawan baik wisatawan lokal atau mancanegara. Para wisatawan terutma para rafter mengaku merasa tertantang untuk menjajal arus sungai yang memang lumayan deras.

Adapun salah satu tempat wisata andalan kabupaten Probolinggo ini memiliki sumber mata air Gunung Lamongan dan Gunung Argopuro. Lebar sungai mencapai kisaran 5-10 meter dengan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. Dengan arusnya yang deras obyek wisata ini termasuk salah satu tempat wisata rafting menantang yang patut Anda coba.

rafting probolinggo

rafting probolinggo

Medan Songa Rafting

Sebagai rincian lengkap, badan sungai yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas rafting Probolinggo berjarak 29 km. Songa adventure sendiri terbagi menjadi 3 bagian utama, diantaranya;

1.   Sungai Pekalen Atas termasuk dalam paket Beautiful Trip dengan jarak tempuh 12 km.

2.   Sungai Pekalen Tengah termasuk dalam paket Fantastic Trip dengan jarak tempuh 7 km.

3.   Sungai Pekalen Bawah termasuk dalam paket Incredible Trip dengan jarak tempuh 10 km.

Para rafter yang pernah menjajal derasnya arus sungai di sana bahkan memberikan gelar sungai Pekalen sebagai rafter paradise atau surganya para rafter. Pasalnya sungai Pekalen tidak hanya menawarkan arum jeram menantang dan bervariatif. Namun sungai Pekalen juga menyuguhkan sajian lengkap berupa wisata alam cantik dengan deretan gua kelelawar. Air terjunnya pun terlihat sangat memikat.

rafting songa

rafting songa

Sehingga bisa dijamin pengalaman arum jeram di Songa rafting akan menjadi pengalaman tidak terlupakan. Suasana alam begitu asri pastinya ampuh mengusir rasa bosan. Untuk start point arum jeram ini berada di dusun Angin-angin, Ranu Gendang. Mulai dari awal perjalanan para wisatawan akan mendapat suguhan panorama 7 air terjun, deretan goa kelelawar, dan pemandangan alam yang masih alami dengan air yang jernih.

Adapun jarak tempuh 12 km biasanya dapat ditempuh dalam jangka waktu kurang lebih 3,5 jam. Sepanjang trek terdapat sekitar 50 jeram misalnya Welcome, Pandawa, Batu Jenggot, Rajawali, KPLA, Xtravaganza, The Fly Matador, Tripple Ace, Cucak Rowo, Hiu, Long Rapid, dan Good Bye. Menariknya lagi ada jeram yang dinamai Inul. Alasannya tidak lain karena untuk dapat melewati jeram tersebut para wisatawan mesti bergoyang heboh seperti biduan Inul Daratista.

Demikian gambaran keseruan wisata arum jeram Songa rafting. Semoga ulasan yang diberikan kali ini dapat memberi referensi bermanfaat untuk destinasi liburan Anda berikutnya. Sekian dan pastikan Anda tidak melewatkan keseruan arum jeram di rafting Probolinggo Songa Adventure.

Social tagging: > > > > > > > > >

Leave a Reply